Kegiatan Pramuka

Salam Pramuka!
Untuk menggalakkan pendidikan karakter dan menghidupkan semangat Pramuka, sekolah mengadakan kegiatan pramuka selama 2 hari yaitu tanggal 15 dan 16 Desember 2010. Diawali dari Pramuka Siaga, siswa kelas III dan IV pagi hari itu tanggal 15 Desember 2010 berkumpul di lapangan untuk melaksanakan upacara dan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan yang mampu mengembangkan karakter yang baik. Kegiatan Pramuka sejalan dengan program sekolah yang menggalakkan pendidikan karakter. Banyak nilai hidup yang baik yang dapat digali dan ditanamkan pada anak-anak dengan mengikuti kegiatan Pramuka.
Bagi pramuka siaga kegiatan yang dilakukan antara lain : Upacara pembukaan, dilanjutkan kegiatan seperti meniti kayu, tali temali, menyebutkan dan menghayati Dasa Darma Pramuka, dll.

 

 

 

Sementara pramuka siaga selesai dan pulang pada siang hari itu, pramuka penggalang mulai berdatangan. Mereka para siswa kelas V dan VI yang akan melaksanakan PERSARI, Perkemahan Satu Hari.
Ada yang membawa tikar, gayung, bantal dan segala perlengkapan sesuai instruksi yang diberikan ketua regu dan kebutuhan anak-anak yang akan menginap di sekolah.
Kegiatan bagi Pramuka Penggalang akan berlangsung sampai esok siang. Kegiatannya tentu lebih banyak lagi daripada Pramuka Siaga. Dibuka dengan upacara pembukaan pada sore hari itu, kemudian acara demi acara bergulir seperti Sandi Morse, makan malam, api unggun renungan malam dan menginap di dalam kelas yang telah disiapkan. Pagi harinya diawali dengan senam pagi, MCK dan makan pagi, kegiatan dilanjutkan kembali dengan permainan pos, yaitu permainan menuju pos-pos tertentu untuk melakukan kegiatan yang berbeda di tiap posnya. Kegiatan ini dilombakan, regu yang paling banyak mengumpulkan point akan menang mendapat hadiah.

Setelah semua regu selesai memainkan permainan di tiap posnya, bersama-sama makan siang. Kemudian diumumkan pemenangnya dan dibagi hadiahnya. Selesailah rangkaian PERSARI dan ditutup dengan upacara penutupan.

2 Responses

  1. […] Bagi yang ingin melihat liputan tahun sebelumnya bisa baca di sini. […]

  2. […] Kegiatan Pramuka 201… on Kegiatan Pramuka […]

Leave a comment