Bina Kepribadian Kelas VI tahun 2010

Halo, berjumpa kembali dengan saya Mega Silvia. Waktu itu saya pernah menceritakan pengalaman saya berkunjung ke Pabrik Gula Bunga Mayang. Kali ini saya akan bercerita mengenai pengalaman saya, khususnya pengalaman rohani dengan mengikuti retret di Rumah Retret LaVerna, Padangbulan, Pringsewu. Kegiatan ini diadakan dari tanggal 26 – 30 September 2010.

Di LaVerna saya sangat senang. Ini pertama kalinya saya dan teman-teman mengikuti retret di sini. Awalnya kami bingung, sebenarnya apa yang dimaksud dengan LaVerna itu. Hari pertama kami disambut baik oleh para suster. Kami dibagi kamar. Setelah itu kami pergi ke ruang belajar. Di sini kami dijelaskan arti dari LaVerna, yaitu tempat retret. Retret sendiri berasal dari kata re dan tret, yang memiliki arti kambali mundur, maksudnya adalah kita mengenang kembali hal-hal yang sudah kita alami untuk menginstropeksi diri kita, melihat segala baik buruk diri kita sehingga kita dapat meninggalkan segala yang buruk agar menjadi lebih baik. Rumah retret biasanya dibangun di tempat-tempat sepi agar terhindar dari hal-hal negatif. Selanjutnya kami dibentuk menjadi kelompok. Setelah itu kami mandi sore dan makan malam. Malam harinya kita mendengarkan renungan. Kami sangat sedih dan menangis. Selanjutnya kami tidur.

Hari kedua kami diajak senam, kemudian kami diajak untuk menemukan
kurcaci/kejahatan di dalam diri kami. Lalu kami diajak untuk out bond. melalui kegiatan tersebut kami mengetahui bahwa dibutuhkan
kerja sama dan kekompakan. Malam harinya kami mengikuti ibadat tobat. Kami menulis dosa-dosa kami di kertas kecil yang nantinya dibakar. Kami pergi ke kapel, kami mengikuti renungan dan menangis menyesali dasa-dosa kami. Mulai malam ini saya ingin mengubah semua kesalahan dan dosa yang telah saya perbuat. Teman-teman pun mengambil keputusan yang sama. Kemudian kami saling memaafkan satu sama lain. Dari musuh kami menjadi teman. Saya akan berbuat banyak kebaikan kepada semua orang karena saya ingin selalu bersama Tuhan, kami tidak ingin terjerumus ke jalan yang salah.

Itulah pengalaman saya, teman-teman. Sungguh merupakan pengalaman iman yang menggugah hati…

Terimakasih telah menyimak kisah saya…

Leave a Reply

