Sejuta Cerita

Sambil melakukan sesuatu kegiatan, sejenak ku pandangi beberapa foto yang berada di depan Kantor Sekolah KB dan TK Fransiskus. Ku pandangi wajah-wajah mereka semua. Nampak anak-anak TK dengan satu Suster Misionaris dari Belanda.

Saya teringat akan keadaan foto tersebut, foto dengan ukuran kecil yang tergantung di sebuah dinding dan bingkai yang sudah mulai usang!

Muncul hasrat hati untuk merepro kembali foto tersebut karena pastinya foto tersebut membawa sejuta kenangan cerita masa lalu hingga kini yang terus bergerak menurut irama waktu.

Setiap orang yang datang mengunjungi dan melihat foto tersebut di Sekolah KB dan TK Fransiskus pastinya mereka akan memandangi foto itu dan mereka selalu bertanya, ‘ITU FOTO TAHUN BERAPA DAN JAMAN SIAPA?’

Saya sendiri tidak tahu kapan dan bagaimana foto tersebut dibuat dan hingga saat ini saya masih mencoba mencari tahu. Namun saya mengerti bahwa banyak hal yang telah berubah dan berkembang dari sisi waktu baik beribu pribadi yang sudah ikut membangun, mengembangkan, menciptakan kehidupan di TK Fransiskus 1 Tanjungkarang seperti para karyawan, guru-guru atau pengajar baik yang sudah pensiun maupun yang masih menjadi guru sampai sekarang, wali murid, murid, alumni, dan orang-orang baik yang dengan rela membantu untuk kemajuan sekolah ini.

Tak terasa waktu cepat berlalu seperti SEJUTA CERITA dalam foto tersebut. Saya yakin pada saat foto tersebut dibuat masih menggunakan nama TK XAVERIUS TANJUNGKARANG, tetapi saat ini nama tersebut sudah berubah menjadi TK FRANSISKUS 1 TANJUNGKARANG.

Tepat tanggal 01 Agustus 2009 kemarin, Taman Kanak-Kanak Fransiskus 1 Tanjungkarang-Bandar Lampung genap berusia 75 tahun!

Kepada KB/TK FRANSISKUS 1 TANJUNGKARANG-BANDAR LAMPUNG,

SELAMAT ULANG TAHUN KE-75.

Dan bagi Anda yang mungkin memiliki kenangan di TK Fransiskus kiranya mau berbagi dengan saudara-saudara lainnya?

Dengan senang hati kami menunggunya.

Sr. M. EDITHA FSGM

Kepala Sekolah KB/TK Fransiskus 1 Tanjungkarang-Bandar Lampung

2 Responses

  1. wahhh…sudah 75 TAHUN?
    hayaaa…ternyata nyang duluan 75 tahun, TK ku tho? asikkk…k…
    …plokplokplok untuk SEKOLAH TK-kuuuuu…
    SUKSES dan MAJU terus!

    aku BANGGA pernah menjadi salah satu murid di TK ini!
    dimanapun aku berada di dalam dunia maya/cyber/internet, Nama XAVERIUS TETAP aku taruh atas kebanggaan dan tanda terimakasih ku kepada sekolah ini!

    1. Waktu aku sekolah di TK ini, masih menggunakan nama TK Xaverius Tanjungkarang. Dulu kami mengenal istilah NOL (0) KECIL dan NOL BESAR dan aku ikut masuk ke dalam ke dua kelas tersebut.
    Seragam sekolah kami saat lalu berwarna abu-abu (seperti seragam SLTA sekarang) untuk bawahannya dan putih untuk atasannya (laki-laki dan wanita sama), modelnya persis dalam foto, ada 2 tali ukuran +/- 5cm yang menghubungkan rok depan dengan belakangnya (khusus wanita).

    2. Dalam foto tersebut ada Sr. VERONIKA!
    wahhh…ini susterrrr…hmmm…DISIPLIN banget, cerewetnya nggak ketulung, cara bicaranya masih kental dengan logat LONDO-nya tuh, dan cirinya adalah suka memakai kaus kali ketat berwarna coklat, tapiii suster ini sangat perhatian kepada anak asuhnya.

    Saat bertemu muka dengan Sr. Marian (dulu berkarya sebagai Kepala Sekolah SD Xaverius) di Bulan Juni 2009 lalu, Sr. Marian mengatakan bahwasanya Sr. Veronika SUDAH bersama-NYA hiskkk…k…
    selamat jalan Sr. Veronika-ku…
    suster sudah berbahagia bersama Bapa…

    Kebetulan Sr. Veronika BUKAN Walikelas ku. Bersama Ibu SRI (yang saat ini masih menjadi pengajar di TK khan?), Sr. Veronika memegang kelas lain, sebelah kelas ku.
    Foto angkatan TK ku pun saat ini sedang ramai dibicarakan dalam Facebook, karena apa?
    Indah untuk dilukiskan kenangan sekolah ini dan tentunya ada foto Sr. Veronika juga.

    3. wahhh lagi deh…
    ada tampak tangga SD Xaverius. Zaman aku TK, sangat takut melihat ke atas (lihat kelas SD yang berada ditingkat). Mungkin karena saat lalu aku masih piyik jadi nampaknya sekolah SD tersebut tinggi benerrr…r…and seremmm jatoh dari atas. Padahal kalau sekarang kesana hmmm…itu kelas yang dulunya aku lihat tinggi amat jadi terasa dekat heheheee…e…

    4. Kalau ditilik dan diperhatikan dari wajah-wajah yang ada dalam foto, sepertinya BUKAN angkatan ku (maaf kalau aku salah lihat).
    Aku tamat dari TK ini tahun 1979 yang berarti dari tahun 1977 aku sudah bersekolah di TK ini (sudah tua banget aku euyyy…y…ups!?).
    Kebetulan dan seingat ku, jika kami berfoto satu kelas, itu dilakukan di dalam lingkungan TK-nya dan saat lalu, kami hanya terdiri dari dua kelas saja dan aku masih memiliki foto tersebut. So beautiful, so wonderful life!

    Sepertinya bisa dicari tahun berapa foto itu dibuat, mungkin Sr. Editha bisa bantu cari data berapa lama dan dari tahun berapa Sr. Veronika berkarya di TK Xaverius?
    Mungkin ini dapat membantu dengan dihitungnya tahun masuk ku ke TK ini yaitu tahun 1977 dan selama kurun Tahun 1977-1979, foto tersebut adalah bukan foto angkatan ku.

    Dalam website pribadi ku pun aku sudah menuliskannya, tapi tak salah jika aku harus menuliskannya kembali di BLOG Sekolah ini. Dari lubuk hati yang paling dalam…

    terimakasih bagi-MU, yang telah memberikan kesempatan pada ku untuk mengenal pendidikan awal di masa kecil dan pra-remaja ku di sekolah XAVERIUS TANJUNGKARANG…

    terimakasih-ku kepada Suster-Suster Kepala Sekolah, Guru-Guru, Tata Usaha, Pegawai Kebersihan Sekolah, yang telah memberikan kesempatan atas pendidikan terhadap ku dulu…

    terimakasih-ku kepada mereka yang telah memberikan ide mereka untuk menciptakan dan membangun sekolah kecil ku, XAVERIUS TANJUNGKARANG…

    peace & love
    ~ds/dianasihotang

  2. Saya ingat guru TK nya bernama ibu Sonny …..

Leave a Reply

